Thursday, December 9, 2010

Mengukur Tarif Jasa Konsultasi

Banyak orang mengeluh “Kok biaya konsultasi Ba Zi dan Zi Wei sangat mahal. Mereka mengaku-aku master”. Sulit mengatakannya memang. Ternyata, meskipun dianggap mahal, ada saja klien yang datang berkonsultasi kepada para praktisi itu.

Bisa saja orang awam tidak tahu bagaimana dan apakah Ba Zi dan Zi Wei itu. Ba Zi dikenal sebagai seni metafisika Cina yang menghitung Qi berdasarkan Tahun, Bulan, Hari, dan Jam kelahiran kita. Dengan ini kita akan mengetahui bakat, kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan tantangan sepanjang hidup kita.

Ba Zi dan Zi Wei dinilai akurat dan sangat efisien untuk memberikan pemecahan terhadap semua masalah dalam kehidupan seperti kesejahteraan, cinta, kesehatan, dan lain-lain.

Contoh pembacaan Ba Zi dan Zi Wei banyak diungkapkan dalam berbagai situs atau blog. Banyak pula tersedia situs untuk membuat bagan Ba Zi dan Zi Wei secara gratis. Namun analisisnya tetap dilakukan oleh manusia. Kalaupun ada situs yang memberikan analisis, informasinya cuma menyangkut permukaan saja.

Ada juga sejumlah situs yang memberikan layanan komersial. Namun biayanya sangat mahal. Lewat online ada yang mematok $98 hingga $198, inilah kepercayaan tentang angka keberuntungan.

Ba Zi dan Zi Wei memang bukan sekadar ramalan. Harus dilakukan analisis yang cermat, sehingga orang lebih memandangnya sebagai ‘seni menganalisis kepribadian’.

Karena bersifat analisis, maka praktisi harus pandai memainkan ‘rumus-rumus’ tertentu untuk mengungkap segala hal yang masih tersembunyi itu. Hal ini tentu saja memakan waktu cukup lama.

Sekadar gambaran kita bisa lihat biaya konsultasi yang termuat dalam suatu situs yang dibuat tahun 2008 lalu:

a. Paket Personal, paket ini ditujukan untuk perseorangan. Harga untuk Paket ini sebesar Rp 350.000 per orang.

b. Paket Keluarga, paket ini ditujukan untuk satu keluarga dengan maksimal anggota keluarga 4 orang. Harga Paket Keluarga sebesar Rp 1.000.000 per keluarga

c. Paket Konsultan Pribadi, paket ini ditujukan untuk perseorangan, dimana pembacaan Ba Zi dilakukan dalam periode satu bulan. Harga Paket ini sebesar Rp 3.000.000 per bulan per orang.

Demikian sekadar contoh.

Di samping itu ada sejumlah praktisi yang memasang tarif Rp 300.000 untuk setengah jam konsultasi. Mungkin tarif demikian hanya bisa disaingi oleh almarhum Mama Lauren. Dikabarkan tarif Mama Lauren mencapai satu juta rupiah untuk sekali konsultasi.

Tarif peramal kelas cafe pun, dinilai cukup tinggi. Dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk 15 menit konsultasi. Sarana yang digunakan antara lain kartu tarot dan daun teh (tasseografi).

Menganalisis Zi Wei Dou Shu, juga memerlukan waktu yang cukup menguras tenaga. Jadi tidak hanya sekadar membuat bagan, melainkan harus dilihat berbagai posisi bintang yang terdapat dalam sektor tertentu.

Sesungguhnya, Ba Zi dan Zi Wei adalah seni peramalan atau analisis kepribadian yang keakuratannya sangat tinggi. Hal ini karena kedua teknik menggunakan data individu, yakni tanggal, bulan, tahun, dan jam kelahiran. Dengan catatan dalam Ba Zi, jam kelahiran boleh diabaikan. Sebaliknya dalam Zi Wei, jam kelahiran mutlak ada.

Ba Zi dan Zi Wei terbukti akurat (namun tidak berarti benar 100 persen) karena data kelahiran tidak pernah berubah-ubah seumur hidup. Berbeda dengan prediksi lain. Garis tangan, misalnya, bisa berubah karena pola pikir dan pola tingkah laku seseorang. Sementara mengocok kartu tarot dalam kondisi sehat atau sakit, tentunya akan berpengaruh dalam hasilnya. Meskipun demikian bukan berarti palmistri dan tarot tidak bagus. Semuanya, termasuk Ba Zi dan Zi Wei, hanya merupakan ‘alat bantu’. Percaya atau tidaknya orang terhadap prediksi itu, tentu tergantung tiap-tiap individu.

Memang belum ada patokan tentang tarif jasa konsultasi. Inilah dinamika dunia keprofesionalan perjasaan, semua tergantung konsumen atau klien. (Sumber : oleh Fisiognomi)

No comments:

Post a Comment