Thursday, December 9, 2010

Apa itu Zi Wei Dou Shu?

Zi Wei Dou Shu (ZWDS) merupakan salah satu ilmu perbintangan klasik China yang dipandang sebagai ilmu ramalan nomor satu. ZWDS terkenal dengan kejituannya dalam meramal nasib perorangan. Ramalan ZWDS dilakukan berdasarkan data kelahiran seseorang, yakni tahun, bulan, hari, dan jam.

ZWDS juga disebut Ramalan Bintang Ungu. Teknik peramalan ini mempelajari tentang keberuntungan langit atau manusia. Bila dipraktekkan oleh orang yang ahli, memiliki tingkat akurasi di atas 90%.

Seperti halnya feng shui praktek sejati ilmu ini sangat terlepas dari mistis. Kehebatan sang ahli hanya didasarkan pada kemampuan analisisnya yang tinggi, bukan dari kemampuan supranatural yang mampu menebak dengan tepat posisi letak pintu, meja, kamar, lemari, rumah, dsbnya. Analisis Bazi dan ZWDS didasarkan pada dua elemen, batang langit (lima elemen positif/negatif) dan Cabang Bumi (12 Shio) dari Tahun, Bulan, Hari dan Jam sehingga membentuk 8 karakter. Hanya bedanya Bazi mendasarkan kalkulasinya pada Teori Yin dan Yang, 5 elemen, pergerakan musim, dan Kalender Matahari/Hsia (Solar Calendar), ZWDS berdasarkan konfigurasi bintang-bintang yang jumlahnya mencapai seratus lebih (umumnya bintang yang dipakai hanya 40 sudah memberikan akurasi yang luar biasa) dengan bintang utama Zi Wei, dan Kalender Bulan/Imlek (Lunar Calendar).

Dengan tanggal dan jam lahir sebagai patokan, peramal akan menyusun sebuah diagram perjalanan nasib yang terdiri atas 12 sektor (atau disebut istana menurut arti harfiahnya), yang meliputi:

  1. sektor jiwa,
  2. sektor saudara,
  3. sektor suami-istri,
  4. sektor anak,
  5. sektor kekayaan,
  6. sektor penyakit,
  7. sektor perjalanan,
  8. sektor sahabat,
  9. sektor karier,
  10. sektor properti,
  11. sektor batin, dan
  12. sektor orangtua.

Setiap sektor akan diduduki oleh bintang khayalan tertentu. Bintang apa dan akan jatuh di sektor mana, disusun menurut tanggal lahir seseorang. Dari sifat-sifat dan terang-gelapnya bintang-bintang itu, peramal dapat menjelaskan bagaimana berjalannya nasib seseorang dalam seumur hidupnya termasuk segala sektor yang tersebut di atas dan hoki-malangnya pada tahun-tahun tertentu.

Menurut catatan sejarah, ZWDS yang sudah bersejarah seribu tahun lebih ini berasal dari aliran Taoisme. Mula-mula diciptakan oleh Lu Chunyang, kemudian dikembangkan oleh Cheng Xiyi pada Dinasti Song dan Luo Hongxian pada Dinasti Ming. Dengan menggabungkan ilmu statistik, ilmu hitung, ilmu psikologi, ilmu falak, dan ilmu logika serta dipadukan dengan berbagai pengalaman manusia, ilmu ramalan ini akhirnya menjadi ilmu yang sangat terkenal dengan kejituannya dan disebut sebagai ilmu ajaib nomor satu di seluruh negeri.

(Sumber: Ilmu Perbintangan China Zi Wei Dou Shu Bagi Pemula, Oleh Yap Liat Kian)

No comments:

Post a Comment